Rabu, 29 Juni 2016

Usia Bumi Sampai Datangnya Hari Kiamat




Prediksi ke-103 Nabi Muhammad Saw Tentang Berbagai Peristiwa Akhir Zaman
Sumber : Kitab Al-Jawahir al-Lamma'ah




Barapa lama usia bumi? Tak seorang pun yang mampu menjawabnya secara tepat, kecuali Allohj SWT. Tidak ada satupun keterangan nash, baik ayat Al-Qur’an maupun Hadis Nabi yang menjelaskan usia bumi.
Diriwayatkan dari Ibnu Abbas, katanya :

Umur bumi ini ibarat selama perjalanan sepekan di alam akhirat, yakni tujuh ribu tahun, dan (sekarang) sudah berjalan kelewat 6100 tahun”.

Rosululloh Saw bersabda, artinya :

 Umur dunia yang masih tersisa untuk umatku kira-kira setelah kamu shalat ’ashar (sampai matahari terbenam)”.

Imam Abu Dawud meriwayatkan Hadis dari Sa’ad bin Abi Waqqash, bahwa Rosuilulloh bersabda, artinya :

Sungguh aku berharap agar hal ini tidak melemahkan umatku di sisi Tuhannya, untuk mengundurkan setengah hari”. Ditanyakan seseorang kepada Sa’ad bin Abi Waqqash, “Berapa lama ukuran setengah hari?”. “Lima ratus tahun lamanya”, jawab Sa’ad.

Ibnu Jarir berpendapat, setengah hari dihitung 500 tahun adalah didasarkan pada firman Alloh :
Sesungguhnya sehari disisi Tuhanmu adalah seperti seribu menurut perhitunganmu” (QS Al-Hajj,[22]: 47).

Berangkat dari kedua hadis di atas dapat disimpulkan bahwa sejak sesudah nabi Adam diturunkan ke bumi, usia bumi saat ini sudah mencapai 7000 tahun ditambah 500 tahun. Sejak masa hidup Nabi Muhammad Saw sampai hancur totalnya dunia di hari kiamat (kiamat kubro) jaraknya kurang lebih 1500 tahun.

Pada saat ini menunjukkan tahun 1437 H. Dengan begitu, kiamat kubro akan terjadi kurang lebih 63 tahun lagi. Wallohu a’lam bis-showab. Selama dalam kurun waktu 63 tahun tersebut akan bermunculan kejadian-kejadian misterius seperti : keluarnya Imam Mahdi; amblesnya bumi di jazirah arab, barat dan timur;  keluarnya Dajjal; turunnya nabi Isa; munculnya Ya’juj dan Ma’juj; hilangnya tulisan Al-Qur’an; runtuhnya Ka’bah; keluarnya kabut asap; keluarnyta angin halus yang mematikan kaum mukminin; keluarnya kobaran api dari Aden menggirim manusia ke Syam;  dan kejadian lainnya. Memperhatikan tanda-tanda tersebut di atas. Tidak berlebihan jika Imam Syuyuti berkomentar, bahwa  lama perjalanan kehidupan umat Muhammad Saw tidak lebih dari 1500 tahun. Menyikapi semuanya ini,  kita kaum muslimin agar tetap teguh keimanannya dan selalu berpegangan pada dalil Al-Qur’an dan Hadis dalam setiap aktifitas sehari-harinya.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar