Sabtu, 07 Februari 2015

Berbagai Ragam Kejadian Mendekati Hari Kiamat



Prediksi ke-3 Nabi Muhammad Saw Tentang Berbagai Peristiwa Akhir Zaman
Sumber : Kitab Al-Jawahir al-Lamma'ah




Abu Hurairah meriwayatkan, bahwa Rosululloh SAW pernah bersabda :

لَا تَقُوْمُ السَّاعَةُ حَتَّى يَقْتَتِلَ فِئَتَانِ يَكُوْنُ بَيْنَهُمَا مَقْتَلَةٌ عَظِيْمَةٌ دَعْوَاهُمَا وَاحِدٌ . وَ حَتَّى يَبْعَثَ دَجَّالُوْنَ كَذَّابُوْنَ قَرِيْبًا مِنْ ثَلَاثِيْنَ يَزْعُمُ اَنَّهُ رَسُوْلُ اللَّهِ. وَ حَتَّى يُقْبَضَ العِلْمُ وَ تَكْثُرَ الزَّلَازِلُ وَ يَتَقَارَبَ الزَّمَانُ وَ تَظْهَرَ الْغِيْبَةُ وَ يَكْثُرَ الْهَرَجُ (وَهُوَ القَتْلُ). وَ حَتَّى يَكْثُرَ فِيْكُمُ الْمَالُ فَيَفِيْضَ. وَ حَتَّى يُهِمَّ ربُّ الْمَالِ وَحَتَّى يُعْرِضَهُ فَيَقُوْلُ الَّذِيْ يُعْرِضُهُ عَلَيْهِ لِي فِيْهِ. وَحَتَّى يَتَطَاوَلَ النَّاسُ فِي البُنْيَانِ . وَحَتَّى يَمُرَّ الرَّجُلُ بِقَبْرِ الرَّجُلِ فَيَقُوْلُ يَالَيْتَنِي مَكَانَهُ. وَحَتَّى تَطْلُعَ الشَّمْسُ مِنْ مَغْربِهَا فَإِذَا طَلَعَتْ وَرَآهَا النَّاسُ اَجْمَعُوْنَ. فَذَالِكَ حِيْنَ لَا يَنْفَعُ نَفْسًا اِيْمَانُهَا لَمْ تَكُنْ آمَنَتْ مِنْ قَبْلُ اَوْ كَسَبَتْ فِي اِيْمَانِهَا خَيْرًا. وَلَتَقُوْمَنَّ السَّاعَةُ وَ قَدْ نَشَرَ الرَّجُلَانِ ثَوْبَهُمَا فَلَا يَتَبَايَعَانِ وَلَا يُطَوِّيَانِهِ .  وَلَتَقُوْمَنَّ السَّاعَةُ وَ قَدِ انْصَرَفَ الرَّجُلُ بِلَبَنِ لَقْحَتِهِ فَلَا يَطْعَمُهُ. وَلَتَقُوْمَنَّ السَّاعَةُ وَهُوَ يَلِيْطُ حَوْضُهَ فَلَا يَسْقِي فِيْهِ . وَلَتَقُومَنَّ السَّاعَةُ وَ قَدْ رَفَعَ أَكْلَتَهُ إِلَى فِيْهِ فَلَا يَطْعَمُهَا. (أخرجه البخاري).

Dari teks hadis yang cukup panjang di atas, dapatlah dirumuskan bahwa, tidak bakal terjadi kiamat jika tidak ada kejadian-kejadian sebagai berikut:

1).   Bakal terjadi peperangan besar antara dua golongan besar kaum muslimin, yang sama-sama mengajak ke jalan kemaslahan umat.
Pada masa awal perkembangan Islam, para ulama berpendapat bahwa yang dimaksud dengan dua golongan besar kaum muslimin tersebut adalah golongan Sayyidina Ali bin Abi Tholib dalam kedudukannya sebagai Kholifah keempat dari pemerintahan Khulafaur Rosyidin, melawan golongan Mu'awiyah bin Abu Sufyan yang saat itu menjadi gubernurnya di Syam. Namun, dapat juga yang dimaksudkannya adalah pertempuran antara rakyat Iran melawan rakyat Irak yang hingga saat ini belum selesai.

2).   Bakal muncul Dajjal si pembohong besar yang mendakwakan diri sebagai utusan Alloh SWT.
Yang dimaksud dengan Dajjal di sini adalah orang-orang yang mengaku atau mendakwakan diri sebagai “nabi” dan “utusan” Alloh SWT. Mereka disebut sebagai "pembohong besar" disebabkan tidak akan ada nabi lagi setelah wafatnya Rosululloh SAW. Sebagaimana sabdanya :
لاَ نَبِيَّ مِنْ بَعْدِيْ
"Tidak ada nabi setelah aku"

3).   Ilmu Agama dicabut Alloh SWT. Sebagaimana yang sudah penulis jelaskan di muka.

4).   Sering terjadi gempa bumi, tanah longsor dan semisalnya.
Kejadian ini memang sering terjadi. Sebagian ulama berpendapat, yang dimaksudkannya adalah bahwa peristiwa gempa bumi, tanah lonsor dan semisalnya ini bakal terjadi terus menerus dan susul menyusul. Hal ini sesuai dengan hadis yang diriwyatkan oleh Imam Ahmad bin Hanbal, dari Salamah bin Nufail :

وَبَيْنَ يَدَيِ الساعةِ سَنَواتُ الزَّلازِلِ

"Sebelum kiamat (kehencuran alam semesta) terjadi, akan ada tahun-tahun gempa bumi".

5).   Perjalanan waktu terasa sangat cepat.
Kalau kita perhatikan, perjalanan waktu saat ini dari hari ke hari, dari minggu ke minggu, dari bulan ke bulan, dan dari tahun ke tahun benar-benar terasa sangat cepat.

6).   Munculnya berbagai macam fitnah.
Yang dimaksudkan dengan "fitnah" adalah segala sesuatu yang menyusahkan, memberatkan atau menggelisahkan hati, baik yang berkaitan dengan urusan agama maupun dunia. Namun yang dimaksudkan di sini adalah berbagai bentuk fitnah yang berkaitan dengan urusan agama.
Kalau kita meneliti Al-Qur'an dan Hadis, kita tentu akan mengetahui informasi bahwa di dunia ini penuh dengan fitnah yang berkaitan dengan agama, baik yang dilakukan oleh kaum musuh maupun kaum muslimin sendiri. Misalnya fitnah yang disebarkan oleh kaum Yahudi dan Nasrani yang bertujuan untuk menghancurkan Islam dan kaum muslimin, dan fitnah yang dilakukan kaum muslimin sendiri. Banyak diantara kaum muslimin yang ingin merubah hukum Alloh SWT, seperti hukum waris yang sudah ditentukan Al-Qur'an ingin mereka rubah karena dianggap kolot dan ketinggalan jaman; usaha menghalalkan perkawinan antara wanita muslimah dengan lelaki kafir; pergaulan bebas muda-mudi sudah memasuki kalangan keluarga pemuka agama dan masyarakat; arah pendidikan umat Islam diseret ke sistem pendidikan barat yang materialistis; pola hidup anak-anak muda muslim yang  hedonistik, yang hanya mengejar kesenangan duniawi; dan masih banyak contoh yang lain. 

7).   Sering terjadi pembunuhan. Kejadian ini sudah banyak terjadi di berbagai daerah di penjuru dunia.

8).   Harta benda mudah didapat dan melimpah ruah di kalangan kaum muslimin.
Mereka sangat mudah mendapatkan harta secara berlebihan, sehingga mereka kesulitan mencari orang yang mau menerima shodaqoh atau zakatnya. Pada saat mereka menawarkan shodaqohnya kepada orang yang dipandangnya berhak menerimanya justru ditolak dan dijawab: "Kami tidak membutuhkan harta". Peristiwa semacam ini kemungkinan akan terjadi pada saat Nabi Isa turun ke dunia di akhir jaman, atau pada masa pemerintahan Imam Mahdi menurut pendapat yang membenarkan keberadaannya di akhir jaman. Hal ihwal tentang peranan dan keberadaan Nabi Isa dan Imam Mahdi akan kami jelaskan di belakang.

9).   Orang-orang berlomba membangun gedung-gedung yang tinggi bertingkat.
Kejadian ini sudah terbukti di penjuru dunia. Hal ini bisa jadi disebabkan faktor meledaknya jumlah penduduk, sementara lahan tanah untuk rumah tempat tinggal semakin menyempit dan sangat terbatas, sehingga mereka meninggikan bangunan rumahnya ke atas untuk dapat menampung jumlah keluarga yang banyak.

10). Bakal terjadi seseorang yang sewaktu berjalan melewati pekuburan ia berucap: "Aku ingin mati saja seperti orang yang menghuni kuburan ini".
Kondisi ini disebabkan karena di sana-sini terjadi berbagai bentuk fitnah agama yang akan membahayakan keimanannya dan mengkhawatirkan dirinya akan terperosok kedalamnya, sehingga ia merasa lebih baik mati daripada hidup terkena fitnah tersebut.
Bisa jadi, masyarakat pada umumnya tidak mengerti dan bahkan tidak percaya jika ada orang yang ingin mati demi menyelamatkan imannya. Namun demikian, ada juga orang yang berusaha mengakhiri hidupnya dengan cara yang tidak wajar dan tidak dibenarkan agama seperti mati gantung diri atau nekat bunuh diri dengan berbagai cara, disebabkan frustasi, putus asa, atau tidak tahan menghadapi cobaan hidup dan semisalnya.

11). Matahari terbit dari arah barat. Jika orang-orang sudah menyaksikan kejadian seperti itu, maka semua keimanan mereka, ibadah mereka, taubat mereka, dan amal sholeh mereka dianggap tidak bermanfaat lagi. Apabila sebelum terjadinya itu mereka tidak pernah melakukan kesemua amalan tersebut.

12). Kiamat (hancurnya alam semesta) bakal terjadi sewaktu ada dua orang yang mengadakan transaksi jual beli. Barang dagangannya baru saja digelar dan dipajang, kemudian jual beli tidak jadi terlaksana, karena keburu kiamat. Artinya, kiamat datangnya secara tiba-tiba dan tidak dapat diprediksi sebelumnya.

13). Kiamat bakal terjadi, sewaktu seorang lelaki pulang sambil membawa air susu perahan dari untanya dan belum sempat meminumnya sudah terjadi kiamat.

14). Kiamat bakal terjadi sewaktu seserang datang ke telaga / penampungan air untuk mengambil air, namun ia belum sempat menyiramkannya pada tanamannya.

15). Kiamat bakal terjadi ketika seseorang baru saja menyuapkan makanan ke mulutnya, dan belum sempat menelannya sudah terjadi kiamat.

Yang dimaksudkan oleh nomer 12, 13, 14 dan 15 diatas adalah bahwa kiamat bakal  terjadi secara tiba-tiba dan tidak dapat diprediksi sebelumnya, sehingga tidak memberi kesempatan seseorang untuk melakukan persiapan-persiapan dalam rangka menghadapi kedatangannya.













1 komentar:

  1. Assalamu’alaikum, IMAM MAHDI LAHIR DI INDONESIA ??, CIRI-CIRINYA SESUAI HADIST...
    LIHAT LINK VIDEONYA :
    https://www.youtube.com/watch?v=FcK4dzPkmts
    https://www.youtube.com/watch?v=eWR5yomciGM
    https://www.youtube.com/watch?v=Jtk5cm7BhIk
    https://www.youtube.com/watch?v=ac_COzndmhE
    Wassalamu’alaikum...

    BalasHapus