Kamis, 12 Februari 2015

Tanda-Tanda Besar Datangnya Kiamat


Prediksi (Ramalan) Nabi Muhammad Saw Tentang Berbagai Peristiwa Akhir Zaman
Sumber : Kitab Al-Jawahir al-Lamma'ah







Persoalan keagamaan ada dua macam :
1.  Ushuluddin (Prinsip-prinsip agama), yaitu persoalan keagamaan yang pokok dan wajib diyakini setiap muslim, baik lelaki maupun perempuan. Misalnya masalah aqidah
2.  Furu’uddin (Cabang-cabang Agama), yaitu persoalan keagamaan yang bersifat cabang, seperti  masalah wudhu’, sholat dan lain-lain.
 Persoalan Ushuluddin atau I’tiqad ada tiga macam :
1. Ilahiyyah, yaitu persoalan ’aqidah yang berhubungan dengan Ketuhanan Alloh, seperti masalah Sifat Wajib, Mustahil dan Jaiz bagi Alloh.
2. Nabawiyyat, yaitu persoalan ’aqidah yang berhubungan dengan masalah Kenabian para Nabi, seperti masalah Sifat Wajib, Mustahil dan Jaiz bagi para Nabi dan Rosul.
3. Sam’iyyat, yaitu persoalan ’aqidah yang ketetapannya hanya dapat didengar dari firman Alloh (Al-Qur’an) atau sabda Rosululloh (Hadis) dan tidak mudah dicerna akal manusia, seperti segala peristiwa yang pasti terjadi di hari kiamat nanti, atau yang terjadi di alam kubur seperti masalah pertanyaan malaikat Munkar dan Nakir, siksa dan nikmat kubur, dan lain-lain.
Menurut ulama’ Ahlissunnah wal jama’ah, ada sepuluh peristiwa yang menjadi bagian dari persoalan Sam’iyyat, meliputi:
1). Munculnya imam Mahdi; 
2). Keluarnya Dajjal; 
3). Turunnya Nabi Isa ke bumi; 
4). Keluarnya Ya’juj dan Ma’juj; 
5). Terbitnya matrahari dari barat; 
6). Muncunlnya ninatang ”Dabbah”; 
7). Asap yang memunuhi bumi; 
8). Angin halus yang berbau wangi; 
9). Hilangnya Al-Qur’an dari bumi; 
10). Keluarnya api yang menggiring seluruh penduduk bumi
Sementara ulama ada yang tidak menyebutkan adanya imam Mahdi, maka peristiwa yang kesepuluh adalah tiga kali terjadinya gerhana di salah satu bagian bumi, sekali terjadi di negara barat, sekali di negara timur, dan sekali di jazirah arab. Berdasarkan hadis riwayat Imam Ahmad bin Hanbal, seperti yang dijelaskan didalam kitab Tafsir Ibnu Katsir sebaghai berikut :

Kata Imam Ahmad: Telah menuturkan kepada kami Sufyan, dari Furat, dari Abu Thufail, dari Hudzaifah bin Usaid al-Ghiffariy, katanya: ”Suatu ketika Rosululloh SAW mendatangi kami para sahabat yang tengah memperbincangkan masalah hari kiamat. Beliau SAW kemudian bersabda: ”Tidak akan terjadi kiamat jika kalian belum menyaksikan 10 (sepuluh) tanda-tandanya, yaitu 1) Terbitnya matrahari dari barat;  2) keluarnya asap;   3) Dabbah;  4). Keluarnya Ya’juj dan Ma’juj;  5) Turunnya Nabi Isa bin Maryam;  6) Keluarnya Dajjal;  7-9) tiga kali terjadinya gerhana, yaitu gerhana di negara barat, gerhana di negara timur, dan gerhana di jazirah arab;  10) keluarnya api dari dalam negeri Aden (Yaman) yang menggiring manusia di waktu sedang tidur istirahat di malam hari, dan berhenti di siang hari pada saat mereka tidur istirahat di siang hari.  (HR Muslim).
Kesepuluh kejadian tersebut perlu dijelaskan di sini dengan harapan agar para alim ulama dan masyarakat awam mempersiapkan diri menghadapi peristiwa yang tidak lama bakal terjadi tersebut. Terwujudnya peristiwa ini bisa diibaratkan sudah berada di depan pintu.











Tidak ada komentar:

Posting Komentar