Sabtu, 05 April 2014

BENTUK FISIK & DERAJAT MALAIKAT (MKM - 4)




Malaikat Tak Mampu Dilihat manusia. Jasad Malaikat yang berasal dari "Nur" (cahaya halus) membuat manusia tak akan mampu melihatnya dalam bentuk asli, kecuali orang yang diberi Allah kemampuan khusus seperti Nabi Muhammad. Malaikat baru dapat dilihat manaka berubah bentuk, menjelma menjadi manusia. Nabi Saw sering melihat malaikat Jibril yang menjelma seorang lelaki berwajah tampan. Terkadang wajahnya mirip sahabat Dihyah bin Khalifah (HR Muslim).
Malaikat Bersayap. Mereka memiliki sayap, yang jumlahnya berbeda antara malaikat satu dengan lainnya. Ada yang memiliki dua, tiga, empat, bahkan ratusan
الْحَمْدُ لِلَّهِ فَاطِرِ السَّمَوَاتِ وَالْأَرْضِ جَاعِلِ الْمَلَائِكَةِ رُسُلًا أُولِي أَجْنِحَةٍ مَثْنَى وَثُلَاثَ وَرُبَاعَ يَزِيدُ فِي الْخَلْقِ مَا يَشَاءُ إِنَّ اللَّهَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ
"Segala puji bagi Allah Pencipta langit dan bumi, Yang menjadikan malaikat sebagai utusan-utusan (untuk mengurus berbagai macam urusan) yang mempunyai sayap, masing-masing (ada yang) dua, tiga dan empat. Allah menambahkan pada ciptaan-Nya apa yang dikehendaki-Nya. Sesungguhnya Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu." (QS Fathir,35 : 1)

Fisik Malaikat Jibril. Nabi saw pernah melihat bentuk asli malaikat Jibril dua kali : saat di gua khiro' At-Takwir,81 : 23) dan di Sidrotul Muntaha sewaktu Isro'-Mi'roj (QS An-Najm,53: 13-15)
Beberapa hadis Nabi menyebutkan bahwa malaikat Jibril memiliki 600 sayap berwarna hijau. Setiap sayap (jika dibentangkan) memenuhi ufuq langit, dari sayapnya berjatuhan jahaya berwarna-warni bagai kilauan intan permata.

Fisik Malaikat Hamalatul 'Arsy (Pemikul 'Arasy).  Rosululloh SAW pernah bersabda, "Aku diizinkan Alloh SWT menjelaskan salah satu sifat malaikat pemikul 'Arasy. Kedua kakinya berada di bumi paling bawah, di atasnya ada 'Arasy, dan jarak antara ujung telinga sampai pundaknya sejauh terbangnya burung selama 700 tahun. Mereka selalu bertasbih : سُبْحَانَكَ حَيْثُمَا كُنْتَ " (HR Thabrani)

Perbedaan Fisik dan Derajat Para Malaikat. Di sisi Allah, mereka bertingkat-tingkat derajatnya.
وَمَا مِنَّا اِلاَّ  لَهُ مَقَامٌ مَعْلُومٌ .
"Tiada seorangpun di antara kami (malaikat) melainkan mempunyai kedudukan yang tertentu". (QS Ash-Shoffat,37 : 164-166)
Malaikat Jibril memiliki kedudukan yang sangat tinggi. (QS At-Takwir, 19-20).
Malaikat yang memiliki kedudukan afdhal (utama) adalah mereka yang ikut dalam perang Badar. (HR Bukhari)

Malaikat memiliki bentuk dan rupa sangat indah. Allah menjelaskan sebagian bentuk malaikat Jibril dalam firman-Nya:

عَلَّمَهُ شَدِيدُ الْقُوَى(5)ذُو مِرَّةٍ فَاسْتَوَى
"Yang diajarkan kepadanya oleh (Jibril) yang sangat kuat, Yang mempunyai akal yang cerdas; dan (Jibril itu) menam-pakkan diri dengan rupa yang asli." (QS An-Najm,53 : 5-6)

Malaikat Tidak Berjenis kelamin. Otomatis mereka tidak nikah / bernak. Banyak orang yang beranggapan salah bahwa malaikat itu berjenis kelamin, sebagaimana kaum kafir Quraisy beranggapan bahwa malaikat itu berjenis kelamin. Bahkan menganggapnya sebagai anak-anak perempuan Allah. Namun dibantah Allah antara lain dalam QS Ash-Shaffat,37 : 149-156, dan QS Az-Zukhruf,43 : 19.

وَجَعَلُوا الْمَلَائِكَةَ الَّذِينَ هُمْ عِبَادُ الرَّحْمَنِ إِنَاثًا أَشَهِدُوا خَلْقَهُمْ سَتُكْتَبُ شَهَادَتُهُمْ وَيُسْأَلُونَ
"Dan mereka menjadikan malaikat-malaikat yang mereka itu adalah hamba-hamba Allah Yang Maha Pemurah sebagai orang-orang perempuan. Apakah mereka menyaksikan penciptaan malaikat-malaikat itu? Kelak akan dituliskan persaksian mereka dan mereka akan dimintai pertanggung-jawaban." (QS Az-Zukhruf: 19)

Malaikat tidak makan dan tidak minum. Allah menceritakan dalam QS Adz-Dzariyat, 51 : 24-28 kehadiran malaikat ke rumah Nabi Ibrohim yang memberi kabar gembira bahwa beliau akan diberi putra, yakni Ismail, dan mengabarkan akan dijungkirbalikkannya kota Sodom yang dihuni umat Nabi Luth akibat perbuatan homoseksualnya. Nabi Ibrahim menyuguhkan daging bakar anak sapi yang gemuk, namun tidak dimakannya.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar