Kamis, 10 April 2014

HUBUNGAN MALAIKAT DENGAN ORANG KAFIR & FASIK (MKM - 22)






Para malaikat membenci dan melaknat orang kafir. Diantaranya :

1. Membinasakan kaum Nabi Luth
QS Hud,[11]: 77-81 menceritakan Kedatangan malaikat utusan Alloh ke rumah Nabi Luth memberitahukan bahwa kaumnya akan dihancurkan. Saat kaumnya melihat kedatangan mereka, lalu mengganggunya, memaksanya agar ikut mereka. Namun mereka tak mampu. .
QS 37-38 surat Al-Qomar menceritakan:
وَلَقَدْ رَاوَدُوهُ عَنْ ضَيْفِهِ فَطَمَسْنَا أَعْيُنَهُمْ فَذُوقُوا عَذَابِي وَنُذُرِ .  وَلَقَدْ صَبَّحَهُمْ بُكْرَةً عَذَابٌ مُسْتَقِرٌّ.
"Dan sungguh, mereka telah membujuknya (agar menyerahkan) tamunya (kepada mereka), lalu Kami butakan mata mereka, maka rasakanlah azab-Ku dan ancaman-ancaman-Ku.. Dan sesungguhnya pada esok harinya mereka ditimpa azab yang kekal.". (QS Al-Qomar,[54]: 37-38)
Demikian juga QS Hud,[11] : 82-83
فَلَمَّا جَاءَ أَمْرُنَا جَعَلْنَا عَالِيَهَا سَافِلَهَا وَأَمْطَرْنَا عَلَيْهَا حِجَارَةً مِنْ سِجِّيلٍ مَنْضُودٍ.  مُسَوَّمَةً عِنْدَ رَبِّكَ وَمَا هِيَ مِنَ الظَّالِمِينَ بِبَعِيدٍ
"Maka tatkala datang azab Kami, Kami jadikan negeri kaum Luth itu yang di atas ke bawah (Kami balikkan), dan Kami hujani mereka dengan batu dari tanah yang terbakar dengan bertubi-tubi, yang diberi tanda oleh Tuhanmu, dan siksaan itu tiadalah jauh dari orang-orang yang zalim. " (QS Hud,[11] : 82-83)


2. Melaknat kaum kafir.

إِنَّ الَّذِينَ كَفَرُوا وَمَاتُوا وَهُمْ كُفَّارٌ أُولَئِكَ عَلَيْهِمْ لَعْنَةُ اللَّهِ وَالْمَلَائِكَةِ وَالنَّاسِ أَجْمَعِينَ.
"Sesungguhnya orang-orang kafir dan mereka mati dalam keadaan kafir, mereka itu mendapat la`nat Allah, para malaikat dan manusia seluruhnya." (QS Al-Baqoroh,[2]: 161)

Malaikat juga membenci dan melaknat orang yang melakukan dosa (fasik). Diantaranya:
a. Melaknat isteri yang tidak mau 'melayani' suaminya. Malaikat melaknatinya sampai pagi (HR Bukhari).
b. Melaknat orang yang mengancam saudaranya dengan senjata tajam. (HR Muslim)
c. Melaknat orang yang mencaci para sahabat Nabi. Sabdanya, "Siapa yang mencaci sahabatku, ia akan dilaknat para malaikat dan semua manusia". (Baca kitab Mu'jam at-Thabrani al-Kabir)..
d. Melaknat orang yang menghalangi pelaksanaan syariat Alloh SWT (Islam). Sabda Nabi, "Siapa yang sengaja membunuh (orang Islam), ia harus  di-qishos. Siapa yang menghalangi penerapannya, akan dilaknat para malaikat dan semua manusia". (HR An-Nasai).
e. Melaknat orang yang melindungi ahli bid'ah. Sabda Nabi, "Siapa yang berbuat bid'ah atau melindungi orang yang berbuat bid'ah di tempat itu, ia akan dilaknat Allah, para malaikat dan semua manusia. Di hari kiamat, Allah tak akan menerima ibadah fardhu dan sunnahnya" (HR Bukhari dan Muslim).






Tidak ada komentar:

Posting Komentar