Sabtu, 05 April 2014

ILMU PARA MALAIKAT (MKM - 8)





 Mereka memiliki ilmu cukup tinggi yang diajarkan Allah kepadanya. Bahkan lebih tinggi daripada ilmu manusia, diantaranya ilmu tentang "kitabah" (pencatatan amal manusia).
وَإِنَّ عَلَيْكُمْ لَحَافِظِينَ .  كِرَامًا كَاتِبِينَ .  يَعْلَمُونَ مَا تَفْعَلُونَ
"Padahal sesungguhnya bagi kamu ada (malaikat-malaikat) yang mengawasi (pekerjaanmu), yang mulia (di sisi Allah) dan yang mencatat (pekerjaan-pekerjaanmu itu), mereka mengetahui apa yang kamu kerjakan." (QS Al-Infithor,82 : 10-12)
Namun keilmuan mereka bersifat pasif dan hanya bersifat menunggu "kiriman ilham" dari Allah.  Mereka tidak memiliki dorongan untuk bersaing dan berlomba dalam meneliti rahasia alam, mengembangkan ilmu, serta tidak memiliki kemampuan untuk menganalisanya sebagaimana yang dimiliki manusia. Hal ini wajar karena mereka tidak memiliki nafsu. 
وَعَلَّمَ ءَادَمَ الْأَسْمَاءَ كُلَّهَا ثُمَّ عَرَضَهُمْ عَلَى الْمَلَائِكَةِ فَقَالَ أَنْبِئُونِي بِأَسْمَاءِ هَؤُلَاءِ إِنْ كُنْتُمْ صَادِقِينَ .  قَالُوا سُبْحَانَكَ لَا عِلْمَ لَنَا إِلَّا مَا عَلَّمْتَنَا إِنَّكَ أَنْتَ الْعَلِيمُ الْحَكِيمُ
"Dan Dia mengajarkan kepada Adam nama-nama (benda-benda) seluruhnya, kemudian mengemukakannya kepada para Malaikat lalu berfirman: "Sebutkanlah kepada-Ku nama benda-benda itu jika kamu memang orang-orang yang benar!" Mereka menjawab: "Maha Suci Engkau, tidak ada yang kami ketahui selain dari apa yang telah Engkau ajarkan kepada kami; sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana.".(QS Al-Baqoroh,2 : 31-32).



Tidak ada komentar:

Posting Komentar