Sabtu, 05 April 2014

MALAIKAT MENJAGA MANUSIA (MKM - 14)





Alloh SWT berfirman:

سَوَاءٌ مِنْكُمْ مَنْ أَسَرَّ الْقَوْلَ وَمَنْ جَهَرَ بِهِ وَمَنْ هُوَ مُسْتَخْفٍ بِاللَّيْلِ وَسَارِبٌ بِالنَّهَارِ(10)لَهُ مُعَقِّبَاتٌ مِنْ بَيْنِ يَدَيْهِ وَمِنْ خَلْفِهِ يَحْفَظُونَهُ مِنْ أَمْرِ اللَّهِ إِنَّ اللَّهَ لَا يُغَيِّرُ مَا بِقَوْمٍ حَتَّى يُغَيِّرُوا مَا بِأَنْفُسِهِمْ وَإِذَا أَرَادَ اللَّهُ بِقَوْمٍ سُوءًا فَلَا مَرَدَّ لَهُ وَمَا لَهُمْ مِنْ دُونِهِ مِنْ وَالٍ
Sama saja (bagi Tuhan), siapa di antaramu yang merahasiakan ucapannya, dan siapa yang berterus-terang dengan ucapan itu, dan siapa yang bersembunyi di malam hari dan yang berjalan (menampakkan diri) di siang hari. Bagi manusia ada malaikat-malaikat yang selalu mengikutinya bergiliran, di muka dan di belakangnya, mereka menjaganya atas perintah Allah. Sesungguhnya Allah tidak mengubah keadaan sesuatu kaum sehingga mereka mengubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri. Dan apabila Allah menghendaki keburukan terhadap sesuatu kaum, maka tak ada yang dapat menolaknya; dan sekali-kali tak ada pelindung bagi mereka selain Dia. (QS Ar-Ra'd : 10-11)

Lafazh " لَهُ مُعَقِّبَاتٌ مِنْ بَيْنِ يَدَيْهِ " ditafsiri oleh ayat 61 QS Al-An'am:

وَهُوَ الْقَاهِرُ فَوْقَ عِبَادِهِ وَيُرْسِلُ عَلَيْكُمْ حَفَظَةً حَتَّى إِذَا جَاءَ أَحَدَكُمُ الْمَوْتُ تَوَفَّتْهُ رُسُلُنَا وَهُمْ لَا يُفَرِّطُونَ
"Dan Dialah yang mempunyai kekuasaan tertinggi di atas semua hamba-Nya, dan diutus-Nya kepadamu malaikat-malaikat penjaga (hafazhah), sehingga apabila datang kematian kepada salah seorang di antara kamu, ia diwafatkan oleh malaikat-malaikat Kami, dan malaikat-malaikat Kami itu tidak melalaikan kewajibannya."
Kata Ibnu Abbas, seraya menafsiri ayat diatas, bahwa Alloh SWT menugaskan dua malaikat menjaga di depan dan di belakang. Jika datang ketentuan / takdir Allah dan harus menimpanya, keduanya pergi meninggalkannya".
Para malaikat hafazhah itu ditugaskan menjaga manusia sampai pada batas waktu yang ditentukan.
Kata Mujahid, tak ada seorang pun yang kecuali ada malaikat yang ditugaskan menjaganya dari gangguan jin, manusia dan binatang (buas) di waktu ia tidur. Tak ada sesuatu bahaya yang mengancamnya kecuali malaikat itu berkata, "Awas, hati-hati, di belakangmu ada bahaya...", kecuali bahaya itu telah diizinkan Allah menimpanya. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar