Sabtu, 05 April 2014

MALAIKAT MENJADI PERANTARA ALLAH KEPADA NABI-RASUL (MKM - 15)





Malaikat perantara yang ditugasi khusus menyampaikan kabar gembira, wahyu dan berita lainnya adalah malaikat Jibril. 

قُلْ مَنْ كَانَ عَدُوًّا لِجِبْرِيلَ فَإِنَّهُ نَزَّلَهُ عَلَى قَلْبِكَ بِإِذْنِ اللَّهِ مُصَدِّقًا لِمَا بَيْنَ يَدَيْهِ وَهُدًى وَبُشْرَى لِلْمُؤْمِنِينَ(97)مَنْ كَانَ عَدُوًّا لِلَّهِ وَمَلَائِكَتِهِ وَرُسُلِهِ وَجِبْرِيلَ وَمِيكَالَ فَإِنَّ اللَّهَ عَدُوٌّ لِلْكَافِرِينَ
"Katakanlah: Barangsiapa yang menjadi musuh Jibril, maka Jibril itu telah menurunkannya (Al Qur'an) ke dalam hatimu dengan seizin Allah; membenarkan apa (kitab-kitab) yang sebelumnya dan menjadi petunjuk serta berita gembira bagi orang-orang yang beriman. Barangsiapa yang menjadi musuh Allah, malaikat-malaikat-Nya, rasul-rasul-Nya, Jibril dan Mikail, maka sesungguhnya Allah adalah musuh orang-orang kafir." (QS Al-Baqoroh: 97-98)

Namun terkadang Allah menugaskan kepada malaikat selain Jibril, sebagaimana hadis yang diriwayatkan imam Muslim. Kata Ibnu Abbas, ketika Jibril sedang duduk-duduk di samping Nabi, terdengar suara dari langit. Nabi pun mengarahkan wajahnya ke atas, lalu Jibril berkata: "Itu suara pintu langit dibuka yang sebelumnya belum pernah dibuka". Kemudian turun seorang malaikat, dan kata Jibril, "Itu malaikat sedang turun ke bumi, sebelumnya ia belum pernah turun, kecuali hari ini". Malaikat itu uluk salam ke Nabi, lalu berkata, "Bergembiralah, Anda diberi Alloh SWT dua cahaya yang belum pernah diberikan kpd para nabi sebelumnya, yaitu Fatihatul Kitab (QS Al-Fatihah) dan bebeapa ayat terakhir surat Al-Baqoroh. Anda tidak mengucapkan satu huruf pun darinya, kecuali Allah akan mengabulkan permohonan Anda". (Shohih Jami')

Orang yang didatangi Jibril tidak mesti menjadi Nabi/Rosul, karena Allah mengutusnya menemui Maryam (ibunya nabi Isa); Hajar (ibunya nabi Ismail); menemui majlis ilmu Nabi dan para sahabat untuk mengajarkan apa itu Iman, Islam dan Ihsan; dll.

Cara malaikat Jibril menyampaikan wahyu kepada Nai Saw antara lain dengan : 1) datang dengan bentuk jasad aslinya,  2) datang dengan menjelma seorang lelaki tampan,  3) datang diserati suara gemerincingnya lonceng (ini sangat berat),  4) wahyu langsung dimasukkan ke dalam hati.

Keperluan lain malaikat Jibril menemui Nabi. Selain menyampaikan wahyu, keperluan Jibril menemui Nabi antara lain:
1)   datang tiap malam di bulan Ramadhan untuk bertadarrus bersama Nabi
2)   mengajarkan tatacara sholat sesuai yang dikehendaki Allah kepada Nabi Saw dengan cara mengimami beliau.
3)   Datang bersama serombongan malaikat lainnya untuk berpartisipasi membantu perang Badar dan Ahzab/khondaq
4)   mendampingi Nabi Saw sewaktu Isro' dan Mi'roj.
5)   Menjampi (suwuk) Nabi Saw yang sedang sakit, antara lain dengan mengucapkan :
بِسْمِ اللهِ أَرْقِيْكَ مِنْ كُلِّ شَيْئٍ يُؤْذِيْكَ و مِنْ شَرِّ مَا خَلَقَ وَمِنْ شَرِّ كُلِّ عَيْنٍ لاَمَّةٍ.   اَللهُ يَشْفِيْكَ . بِسْمِ اللهِ أَرْقِيْكَ 




Tidak ada komentar:

Posting Komentar