Minggu, 06 April 2014

MALAIKAT MENGUJI KEIMANAN MANUSIA (MKM - 18)





Imam Bukhari dan Muslim meriwayatkan hadis yang sangat panjang. Ringkasannya, Bahwa Abu Hurairah pernah mendengar cerita dari Rasululloh, tentang ada 3 orang bani Israil di jaman dulu yang tertimpa penyakit. Orang pertama sakit kusta; kedua rambutnya rontok; dan ketiga matanya buta. Alloh kemudian menguji mereka dengan mengutus seorang malaikat yang menjelma seorang lelaki kepada mereka di tempat yang berbeda, seraya menanyakan tentang keinginannya dan harta yang disukainya. 

Orang pertama ingin sembuh dari penyakit kusta yang menjijikkan dan kulitnya halus-bersih. Harta yang disukainya hewan ternak unta. Malaikat itu lalu mengusapnya sehingga penyakitnya hilang, kemudian memberinya seekor unta betina yang hamil 10 bulan, seraya berdoa semoga Allah memberikan keberkahan pada dirinya dan ternak untanya.
Orang kedua ingin sembuh dari rambut rontoknya. Harta yang disukainya hewan ternak sapi. Malaikat itu pun mengusap rambutnya sehingga sembuh dan rambutnya tumbuh subur. Kemudian ia memberinya seekor hewan ternak sapi yang bunting, seraya berdoa semoga Allah memberikan keberkahan pada dirinya dan ternak sapinya.  

Orang ketiga ingin agar sembuh dari kebutaan dan dapat melihat kembali. Harta yang disukainya hewan ternak kambing. Malaikat itu lalu mengusap matanya sehingga sembuh dan dapat melihat kembali. Kemudian ia memberinya seekor hewan ternak kambing biri-biri yang bunting, seraya berdoa semoga Allah memberikan keberkahan pada dirinya dan ternak kambingnya.

Selang beberapa lama, hewan mereka beranak-pinak, sehingga menjadi pengusaha peternakan yang sukses.

Malaikat dengan menjelma wujud seorang lelaki musafir yang kehabisan bekal mendatangi orang pertama, sambil mengadukan: "Aku seorang musafir yang kehabisan bekal. Demi Tuhan yang menghembalikan kulitmu dan menyembuhkan penyakitmu, Aku mohon belas kasihan. Berilah aku seekor unta untuk aku pergunakan meneruskan perjalananku".
Dijawabnya: "Aku banyak tanggungan. Aku tak bakal memberimu".  

Malaikat itu mengatakan, "Aku rasa pernah mengenalmu. Bukankah kamu dulu berpenyakit kusta dan miskin, lalu disembuhkan Allah dan diberi harta ternak seekor unta bunting?".

Dijawabnya, "Aku dapatkan harta (ternak unta) sebagai dari warisan orang tuaku". 

Kata malaikat: "Sekiranya kamu berdusta, semoga Allah mengembalikan kamu seperti keadaan semula".

Malaikat tadi lalu mendatangi orang kedua yang sembuh dari penyakit rambut rontok dan menjadi pengusaha ternak sapi sukses. Kemudian pura-pura mengadukan sebagai musafir yang kehabisan bekal. Ceritanya sama seperti di atas.

Selanjutnya mendatangi orang ketiga yang sembuh dari kebutaannya dan menjadi pengusaha ternak kambing yang sukses. Kemudian pura-pura mengadukan sebagai musafir yang kehabisan bekal. Dijawab oleh orang ketiga tadi, "Sebelum ini aku adalah seorang yang buta, lalu disembuhkan Allah melalui seseorang, lalu diberi-Nya seekor kambing bunting. Dan sekarang sudah beranak pinak sangat banyak. Ambillah, berapa saja yang kamu kehendaki. Aku ikhlas dan tidak akan mengungkit-ungkit lagi pemberinaku padamu".

Jawab malaikat: "Ambil dan Jagalah hartamu. Sungguh, kami ini malaikat yang diutus Allah untuk mengujimu. Allah ridho kepadamu dan membenci kedua orang sahabatmu".

Selang beberapa waktu, orang pertama dan kedua kembali ke keadaan semula. Harta bendanya bangkrut dan ludes.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar