Sabtu, 05 April 2014

POPULASI, NAMA & TUGAS PARA MALAIKAT (MKM - 2)





Jumlah para malaikat sangat banyak, tak terbatas, dan siapapun tidak dapat mengetahui jumlahnya secara pasti kecuali Allah.
وَمَا يَعْلَمُ جُنُودَ رَبِّكَ إِلَّا هُوَ
"Dan tidak ada yang mengetahui tentara Tuhanmu (para malaikat) melainkan Dia sendiri" (QS Al-Muddats-tsir [74] : 31)
Imam Bukhari meriwayatkan, sewaktu Isro'-Mi'roj, Nabi Saw pernah bertanya kepada malaikat Jibril tentang Al-Baitul Ma'mur, lalu dijawabnya, "Itulah Al-Baitul Ma'mur, setiap harinya dikunjungi 70.000 malaikat untuk beribadah/sholat, dan mereka (setelah itu) tak dapat kembali lagi ke tempat itu".
Maksudnya tiap hari dimasuki 70.000 malaikat secara bergantian.
Nabi saw pernah bersabda, "Neraka jahannam pada hari kiamat diseret dengan 70.000 tali. Masing-masing tali ditarik oleh 70.000 malaikat". (HR Muslim)
Dari nash-nash hadis yang lain dijelaskan adanya malaikat yang bertugas mengawasi manusia: diantaranya ada yang ditugaskan sewaktu manusia dalam bentuk air mani, 2 malaiakt pencatat amal, malaikat menjaga keselamatan (hafazhah), serta malaikat yang mendampingi dan mengarahkan berbuat kebaikan (qorin). Ringkas kata, jumlah mereka sangat banyak
Mereka memiliki nama dan tugas masing-masing. Tentu saja nama mereka sangat banyak dan kita tidak dapat mengetahui semua nama-nama tersebut, kecuali yang telah disebutkan oleh nash Al-Qur'an dan Hadis. Diantaranya :
1. Jibril. nama lainnya : Ar-Ruhul Amin (QS Asy-Syu'ara',26 : 193), dan Ar-Ruh  (QS Al-Qodar,97 : 4,   QS Maryam,19 : 17). Bertugas menyampaikan wahyu, kabar berita, atau menemui manusia seperti para Nabi, siti Maryam, Nabi Muhammad dll,
2. Mikail. bertugas mengurus / mendistribusikan rizki, hujan, mengatur perjalanan angin, musim dan sejenisnya.
3. Isrofil. Bertugas meniup sangkakala saat terjadinya kiamat.
4.  Izroil. Nama lain: Malakul Maut. Bertugas mencabut nyawa / mematikan seluruh makhluk hidup.
5   dan 6. Malaikat yang selalu hadir di sisi manusia (Roqib dan 'Atid), Bertugas mengawasi dan mencatat amal perbuatan manusia. Firman Allah 
إِذْ يَتَلَقَّى الْمُتَلَقِّيَانِ عَنِ الْيَمِينِ وَعَنِ الشِّمَالِ قَعِيدٌ(17)مَا يَلْفِظُ مِنْ قَوْلٍ إِلَّا لَدَيْهِ رَقِيبٌ عَتِيدٌ
"(yaitu) ketika dua orang malaikat mencatat amal perbuatannya, seorang duduk di sebelah kanan dan yang lain duduk di sebelah kiri. Tiada suatu ucapanpun yang diucapkannya melainkan ada di dekatnya malaikat pengawas yang selalu hadir." (QS Qof,50 : 17-18)
7   dan 8. Munkar dan Nakir. mengurusi maslah fitnah kubur : pertanyaan kubur, siksa/nikmat kubur. (dijelskan beberapa hadis)
9. Malik. Penjaga neraka. (QS Az-Zukhruf, 43 : 77)
10.    Ridhwan. Penjaga surga. (disebutkan oleh beberapa hadis)
Selain itu, ada beberapa nama malaikat seperti: Malaikat Hafazhah, malaikat Harut dan Marut yg diturunkan Allah ke bumi (negeri Babilonia) untuk menguji keimanan, yakni mengajarkan ilmu sihir manusia. Firman Allah, yang artinya :

"Dan mereka mengikuti apa yang dibaca oleh syaitan-syaitan pada masa kerajaan Sulaiman (dan mereka mengatakan bahwa Sulaiman itu mengerjakan sihir), padahal Sulaiman tidak kafir (tidak mengerjakan sihir), hanya syaitan-syaitan itulah yang kafir (mengerjakan sihir). Mereka mengajarkan sihir kepada manusia dan apa yang diturunkan kepada dua orang malaikat di negeri Babil yaitu Harut dan Marut, sedang keduanya tidak mengajarkan (sesuatu) kepada seorangpun sebelum mengatakan: "Sesungguhnya kami hanya cobaan (bagimu), sebab itu janganlah kamu kafir". Maka mereka mempelajari dari kedua malaikat itu apa yang dengan sihir itu, mereka dapat menceraikan antara seorang (suami) dengan isterinya. Dan mereka itu (ahli sihir) tidak memberi mudharat dengan sihirnya kepada seorangpun kecuali dengan izin Allah. Dan mereka mempelajari sesuatu yang memberi mudharat kepadanya dan tidak memberi manfaat. Demi, sesungguhnya mereka telah meyakini bahwa barangsiapa yang menukarnya (kitab Allah) dengan sihir itu, tiadalah baginya keuntungan di akhirat dan amat jahatlah perbuatan mereka menjual dirinya dengan sihir, kalau mereka mengetahui."(QS, Al-Baqoroh, 2 : 102)





Tidak ada komentar:

Posting Komentar