Sabtu, 05 April 2014

IBADAH PARA MALAIKAT (MKM - 12)




Menurut riwayat, setiap langit ada tempat Ibadah (musholla / masjid) bagi para malaikat, yang disebut dengan Baitul 'Izzah. Melaku selalu beribadah, sholat, bertasbih  sambil menghadap ke Baitul Ma'mur. Diantara bentuk peribadatan mereka :

1). Senantiasa bertasbih, beristighfar, sujud / sholat, berdoa memohonkan ampunan kaum mukminin secara  terus menerus tanpa henti dan tanpa mengenal lelah:

الَّذِينَ يَحْمِلُونَ الْعَرْشَ وَمَنْ حَوْلَهُ يُسَبِّحُونَ بِحَمْدِ رَبِّهِمْ وَيُؤْمِنُونَ بِهِ وَيَسْتَغْفِرُونَ لِلَّذِينَ ءَامَنُوا رَبَّنَا وَسِعْتَ كُلَّ شَيْءٍ رَحْمَةً وَعِلْمًا فَاغْفِرْ لِلَّذِينَ تَابُوا وَاتَّبَعُوا سَبِيلَكَ وَقِهِمْ عَذَابَ الْجَحِيمِ(7) رَبَّنَا وَأَدْخِلْهُمْ جَنَّاتِ عَدْنٍ الَّتِي وَعَدْتَهُمْ وَمَنْ صَلَحَ مِنْ ءَابَائِهِمْ وَأَزْوَاجِهِمْ وَذُرِّيَّاتِهِمْ إِنَّكَ أَنْتَ الْعَزِيزُ الْحَكِيمُ(8)وَقِهِمُ السَّيِّئَاتِ وَمَنْ تَقِ السَّيِّئَاتِ يَوْمَئِذٍ فَقَدْ رَحِمْتَهُ وَذَلِكَ هُوَ الْفَوْزُ الْعَظِيمُ (9
" (Malaikat-malaikat) yang memikul `Arsy dan malaikat yang berada di sekelilingnya bertasbih memuji Tuhannya dan mereka beriman kepada-Nya serta memintakan ampun bagi orang-orang yang beriman (seraya mengucapkan): "Ya Tuhan kami, rahmat dan ilmu Engkau meliputi segala sesuatu, maka berilah ampunan kepada orang-orang yang bertaubat dan mengikuti jalan Engkau dan peliharalah mereka dari siksaan neraka yang bernyala-nyala, ya Tuhan kami, dan masukkanlah mereka ke dalam surga `Adn yang telah Engkau janjikan kepada mereka dan orang-orang yang saleh di antara bapak-bapak mereka, dan isteri-isteri mereka, dan keturunan mereka semua. Sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana, dan peliharalah mereka dari (balasan) kejahatan. Dan orang-orang yang Engkau pelihara dari (pembalasan) kejahatan pada hari itu, maka sesungguhnya telah Engkau anugerahkan rahmat kepadanya dan itulah kemenangan yang besar"." (QS AL-Mukmin,40: 7-9)

تَكَادُ السَّمَوَاتُ يَتَفَطَّرْنَ مِنْ فَوْقِهِنَّ وَالْمَلَائِكَةُ يُسَبِّحُونَ بِحَمْدِ رَبِّهِمْ وَيَسْتَغْفِرُونَ لِمَنْ فِي الْأَرْضِ أَلَا إِنَّ اللَّهَ هُوَ الْغَفُورُ الرَّحِيمُ
"Hampir saja langit itu pecah dari sebelah atasnya (karena kebesaran Tuhan) dan malaikat-malaikat bertasbih serta memuji Tuhannya dan memohonkan ampun bagi orang-orang yang ada di bumi. Ingatlah, bahwa sesungguhnya Allah Dia-lah Yang Maha Pengampun lagi Maha Penyayang." (QS Asy-Syuro,42 : 5)

2). Melakukan haji ke Baitul Makmur .
Baitul Makmur merupakan ka'bahnya para malaikat di langit ketujuh. Ketika Isro'-Mi'roj, Nabi Muhammad pernah melihat Nabi Ibrohim duduk-duduk bersandar di Baitul Mu'mur. Menurut Ibnu Katsir, berdasarkan beberapa riwayat shohih, bahwa letak Baitul Ma'mur sejajar dengan Ka'bah, tepatnya sejajar lurus dengan talang Ka'bah. Seandainya jatuh akan menimpa Ka'bah. (Fathul Bari, hal. 308). 
Para malaikat melakukan haji, ber-thowaf mengelilingi Baitul Ma'mur sekali seumur hidup (HR Bukhori-Muslim), seperti layaknya manusia berthowaf mengelilingi Ka'bah di Masjidil Harom.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar